Kamis, 20 Januari 2011

Alessandro Volta

        Alessandro Volta ( 1745 - 1827 ) lahir pada tanggal 18 Februari 1745 di Como, Lombardia Italia. Ia anak bangsawan dengan 9 saudara kandung yang semuanya masuk biara. Pada tanggal 5 Maret 1827, Volta meninggal dunia di Como pada usia 82 tahun.
       Volta adalah ahli fisika, ahli kimia, guru besar, pengarang dan penemu elemen, baterai, kondensator, eudimeter, pistol listrik dan lampu udara. Ia memperbaiki elektroforus dan elektroskop, serta menemukan dan mengisolasi gas metan.
      Ketika berumur 14 tahun, Volta telah bercita-cita ingin menjadi ahli fisika . Pada umur 21 tahun ia menjadi guru fisika di SMA Como. Tahun berikutnya ia menemukan elektrofokus, yaitu alat untuk menghasilkan muatan listrik dengan muatan induksi. Mesin pengumpul ini merupakan dasar kondensator/kapasitor sampai sekarang. Karena penemuan ini, Volta menjadi terkenal dan diangkat menjadi guru besar di Universitas Pavia. Ia membuat alat yang berhubungan dengan listrik statis sehingga ia diangkat menjadi anggota Royal Society dan mendapat medali Copley. Thun 1800, Volta berhasil menemukan baterai sehingga menggunakan teori Galvani yang mengatakan bahwa daging Katak mengandung listrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar